• KOMPOR UPI JAJAL INOVASI ALAT TEPAT GUNANYA YANG RAMAH DISABILITAS TUNA NETRA DI SLB NEGERI A KOTA BANDUNG


    Disabilitas Tunanetra merupakan manusia yang mempunyai kekurangan dalam pengelihatan. Low vision, dan total merupakan istilah bagi penyandang disabilitas tunanetra, low vision merupakan penyandang yang masih memiliki sisa pengelihatan, sedangkan total merupakan penyandang yang tidak memiliki kemampuan melihat samasekali. Data statistik tahun 2012 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesi, mencatat bahwa Indonesia mempunyai sekitar 1.700.000 penyandang disabilitas tunanetra, sekitar 85.000 merupakan penduduk Provinsi Jawa Barat. 
    KOMPOR UPI  (Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika Universitas Pendidikan Indonesia) merupakan organisasi yang bergerak di bidang otomasi dan robotika, dengan salahsatu misinya untuk mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat dengan teknologi. Kini lewat karya inovatifnya dengan menginovasi alat tepat guna yang ramah bagi penyandang disabilitas tunanetra. Dispenser dan timbangan berbicara merupakan hasil inovasi UKM KOMPOR UPI, dimana alat tersebut dapat membantu penyandang tunanetra dalam menjalankan kegiatan sehari harinya.

    Sekolah Luar Biasa (SLB) golongan A (Tunanetra) merupakan instansi pendidikan yang berfungsi untuk memberikan edukasi bagi para penyandang disabilitas tunanetra untuk bisa bertahan hidup dan meningkatkan kualitas hidupnya. Banyak saudara saudara kita yang mempunyai kekurangan pengelihatan (tunanetra) dapat unjuk gigi pada ajang nasional maupun internasional salahsatunya pada bidang olahraga. SLB Negeri A Kota Bandung mendidik sekitar 70 siswa disabilitas tunanetra pada strata SD, SMP dan SMA, memiliki sekitar 40 guru terhormat yang memiliki niat dan jiwa peduli yang tinggi untuk memdidik anak anak berkebutuhan khusus. Bahkan takhanya muridnya yang menyandang tunanetra, akan tetapi banyak guru yang menyandang tunanetra pula. Dari kondisi tersebutlah perlu peran mahsiswa yang dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dipelajari di universitas salahsatunya dibidang teknologi yang dapat membantu para penyandang disabilitas tunanetra. Disitulah Kami UKM KOMPOR UPI mencoba untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kesejahteraan dan kemakmran mereka di bidang teknologi.  
    Tepat hari Jumat, 29 Maret 2019 KOMPOR UPI menguji coba alat tepat guna yang mereka buat, bertempat di SLB Negeri A Kota Bandung. Guru dan murid menjadi objek dalam uji coba alat inovasi mereka. Uji coba sesi pertama diperuntukan untuk guru guru di SLB Negeri A Kota Bandung yang mayoritas menyandang disabilitas tunanetra. Sebuah karya inovatif yang sangat ramah disabilitas tunanetra, ucap seluruh guru di SLB tersebut, karena belum adanya alat otomatis yang dapat membantu mereka khususnya dalam masalah menakar air dan menimbang berat suatu barang. Sesi kedua ujicoba kepada sekelompok murid di SLB Negeri A Kota Bandung. Perkataan polos mereka “andai saya dapat memiliki alat ini di rumah” ucap para siswa di SLB tersebut. Miris dan iba yang kami rasakan menghadapi sikap mereka, bahwasanya alat inovasi kami sangat diharapkan oleh mereka.
    Rencana kedepannya Kami UKM KOMPOR UPI akan memproduksi alat inovasi kami yang kemudian akan di hibahkan di beberapa instansi SLB (Sekolah Luar Biasa) di bawah dinas Pendidikan juga BRSPDSN (Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra) dibawah Kementrian Sosial Republik Indonesia melalui “KOMPOR UPI Mengabdi untuk Negeri, Melalui Sosialisasi, Hibah, dan Instalasi Alat Tepat Guna Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra untuk SLB se- Jawa Barat” yang akan dimulai secara bertahap dari Jumat, 26 April 2019 untuk beberapa SLB dan BRSPDSN sampai seluruh SLB dan BRSPDSN di Jawa Barat dapat menikmati memanfaat karya hasil inovasi Kami. @komporupi www.komporupi.org

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.
    ADDRESS

    Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Sekretariat KOMPOR UPI (Samping Lapang Softball) Bandung, Jawa Barat, Indonesia

    EMAIL

    komporupi@gmail.com
    dicky.mardiansyah8@gmail.com

    MOBILE

    +62 83846272191 (WA)
    +62 89639790418