• Timbangan Berbicara Hasil Inovasi Mahasiswa KOMPOR UPI Alat Bantu Untuk Penyandang Disabilitas Tunanetra


    Disabilitas Tunanetra merupakan manusia yang mempunyai kekurangan dalam pengelihatan. Low vision, dan total merupakan istilah bagi penyandang disabilitas tunanetra, low vision merupakan penyandang yang masih memiliki sisa pengelihatan, sedangkan total merupakan penyandang yang tidak memiliki kemampuan melihat samasekali. Data statistik tahun 2012 mencatat bahwa Indonesia mempunyai sekitar 1.700.000 penyandang disabilitas tunanetra, sekitar 85.000 merupakan penduduk Provinsi Jawa Barat. 
    KOMPOR UPI  (Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika Universitas Pendidikan Indonesia) merupakan organisasi yang bergerak di bidang otomasi dan robotika, dengan salahsatu misinya untuk mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat dengan teknologi. Berawal dari observasi yang dilakukan terkait kesulitan penyandang tunanetra dalam melakukan aktivitias sehari harinya di SLB Negeri A Kota Bandung, kami memcoba untuk membantu dalam individual living mereka salahsatunya dalam mengukur berat. Dilatarbelakangi dari rutinitas mereka untuk memasak, membuat kue, dan menanak nasi. Sampai saat ini mereka memerlukan orang normal untuk aktifitas diatas. Karena keterbatasan mereka untuk mengetahui ukran pasti dari sebuah barang atau bahan makanan, juga belum adanya teknologi yang dapat membantu mereka dalam melakukan hal tersebut. Sehingga konsep inovasi alat yang kami buat berfungsi sebagai alat ukur berat (timbangan) berbicara yang dapat membantu aktifitas penyandang disabilitas tunanetra.

    Spesifikasi Alat:
    -          Material                 : Akrilik (warna dapat bervariasi)
    -          Kapasitas               : 0.001 Kg - 5 Kg (untuk kebutuhan dapur)
    -          Tegangan Listrik   : Batrai 5 volt dapat diisi ulang dengan USB charger HP
    -          Fitur                      : Speaker, suara yang dapat diatur, untuk mengetahui berat
      Tombol on / off untuk kalibrasi timbangan dengan huruf braile
      Indikator berat pada display untuk pengguna normal
    -          Sensor                   : Sensor berat
    -          CPU                      : Microcontroller arduino
    Timbangan berbicara di inovasi dan di desain minimalis dan ramah terhadap disabilitas tunanetra oleh tim PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) UKM KOMPOR UPI. Ketika pengguna menyimpan suatu benda diatas tatakan timbangan berbicara, maka timbangan akan mendeteksi berat benda tersebut, kemudian mengeluarkan bunyi yang dapat didengar oleh penyandang disabilitas tunanetra, juga menampilkan indikator angka yang dapat dilihat oleh orang normal. Setelah alat ini diuji coba di SLB Negeri A Kota Bandung, menuai antusias yang besar untuk segera dapat memakai alat ini di kehidupan sehari hari mereka. Rencana kedepannya alat ini akan di hibahkan kepada beberapa instansi sekolah luar biasa di Jawa Barat yang sangat membutuhkan manfaat dari alat ini. @komporupi www.komporupi.org

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.
    ADDRESS

    Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Sekretariat KOMPOR UPI (Samping Lapang Softball) Bandung, Jawa Barat, Indonesia

    EMAIL

    komporupi@gmail.com
    dicky.mardiansyah8@gmail.com

    MOBILE

    +62 83846272191 (WA)
    +62 89639790418