• 2 TIM PKM KOMPOR UPI BERLAGA DALAM AJANG PIMNAS KE-32




       Pada hari Selasa (30/07/2019) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah menetapkan calon peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 telah menetapkan 460 tim PKM dari 126 perguruan tinggi se-Indonesia yang akan berlaga dalam ajang PIMNAS ke-32 di Bali. Di antara 460 tim PKM tersebut, 2 Tim dari KOMPOR UPI berhasil mewakili UPI berajang di PIMNAS  ke-32 pada bidang PKM-KC dan PKM-T.


       Tim dari KOMPOR UPI ini mengusung PKM-KC (Karsa Cipta) yang berjudul “GEMONG (Gelas Ngomong) : Sebagai Alat Bantu Minum Tunanetra” yang diketuai oleh Dicky Rustandi (Teknik Elektro) dan mempunyai anggota yaitu Rizki M. Fauzi (Teknik Elektro) dan Lukman Arif P. (Pendididkan Teknik Mesin). GEMONG atau Gelas Ngomong adalah sebuat alat yang diciptakan untuk memberikan informasi berupa suara kepada penyandang tunanetra ketika menakar air ke dalam gelas. Karena secara pengelihatan mereka tidak bisa melihat ketika gelas terisi penuh, sangat menyulitkan bagi mereka.

          Cara kerja alat ini dimulai dari mengisi air hingga menyentuh level takaran gelasnya. Jika sudah mencapai takaran, maka akan memberikan informasi suara yang keluar melalui speaker. Gelas ini portable, bisa dibawa kemana mana dan bisa dicuci sesuai keinginan sendiri. “Gemong diciptakan untuk mengembangkan media bantu minum bagi penyandang tunanetra, dan memudahkan mereka agar bisa mandiri dalam menuangkan air ke dalam gelas. Latar belakangnya karena para penyandang tunanetra mengalami kesulitan saat menuangkan air minum ke dalam gelas, terkadang mereka harus membutuhkan bantuan orang lain dan merasakan kepanasan saat mencelupkan jarinya ke dalam air panas untuk memastikan airnya sudah penuh atau belum,” ucap Dicky Rustandi sebagai Ketua Tim.


          Selain itu Tim lain dari KOMPOR UPI juga berhasil lolos PIMNAS dari PKM-T (Teknologi) yang berjudul “ABUJAT : Alat Budi Daya Jamur Tiram Berbasis IoT Solusi Wanita Tani Nova Jamur” yang diketuai oleh Rizki M. Fauzi (Teknik Elektro) dan mempunyai anggota yatiu Febryani Sri Waranti (Fisika) dan Ikhyasul Kuspriza R. (Pendidikan Teknik Mesin). Abujat adalah sebuah alat yang memiliki teknologi untuk menyiram jamur tiram dengan otomatis secara vertikal yang terhubung dengan aplikasi android Abujat.

            ABUJAT (Alat Budidaya Jamur Tiram Berbasis IoT) dirancang untuk mengatasi masalah yang dialami oleh para petani, khususnya dalam teknis penyiraman. Selain itu gagal panen yang dialami sering disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah terkait penyiraman yang tidak tepat, sehingga suhu dan kelembapan udara tidak terjaga. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibuat suatu teknologi yang bisa menanggulangi permasalah tersebut. Teknologi ini dapat melakukan penyiraman secara otomatis dengan memperhatikan faktor suhu dan kelembapan udara. Selain itu, teknologi ini terhubung dengan internet melalui aplikasi, sehingga suhu, kelembapan udara, dan proses penyiraman dapat dipantau langsung oleh petani walaupun sedang tidak berada di lokasi budidaya. Selain bekerja secara otomatis, petani pun tetap dapat mengontrol alat ini secara manual dengan memanfaatkan aplikasi ABUJAT yang terpasang di HP android sebagai media pengontrol.


         “Diharapkan dengan diterapkannya teknologi ini dapat membantu memperbaiki teknis penyiraman jamur tiram para petani jamur tiram dan masyarakat luas yang melakukan budidaya jamur tiram di kebun maupun lahan rumahnya”. Ujar Rizki M. Fauzi sebagai Ketua Tim.

         Pada ajang yang bergengsi ini KOMPOR UPI menargetkan untuk meraih medali emas di PIMNAS ke-32 dengan begitu KOMPOR UPI bisa menjadi pelopor dalam hal keteknologian. Segala support dan doa dari semua pihak sangat diharapkan agar proses perjalanan meraih kesuksesan ini bisa tercapai. Amiin. (Dikrus)
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.
    ADDRESS

    Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Sekretariat KOMPOR UPI (Samping Lapang Softball) Bandung, Jawa Barat, Indonesia

    EMAIL

    komporupi@gmail.com
    dicky.mardiansyah8@gmail.com

    MOBILE

    +62 83846272191 (WA)
    +62 89639790418