• Pengabdian UKM KOMPOR UPI

       Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa penularan covid-19 berkembang sangat pesat termasuk Indonesia. Penyebaran itu terjadi karena kontak fisik antar manusia dengan lainnya. Adapun cara pencegahan yang dilakukan dengan cara jaga jarak sejauh 1 meter dengan orang yang terjangkit. rutin cuci tangan dengan sabun serta menggunakan hand sanitizer. Gugus depan percepatan penanganan covid-19 mengatakan bahwa penyebaran covid-19 pada tanggal 5 april 2020 telah mencapai angka 2.273 kasus. Berdasarkan permasalahan tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa KOMPOR UPI berinovasi untuk membuat suatu produk yang dapat mensterilkan secara cepat. Setelah melakukan beberapa kali riset, alhasil UKM KOMPOR UPI membuat suatu Alat Sterilisator secara otomatis dengan tujuan untuk membantu pencegahan covid-19.

       Alat sterilisator tesebut menggunakan rangka yang terbuat dari stainless steel yang dirasa sangat kuat dan tahan karat. Ukuran dari alat tersebut yaitu panjang 1 m, lebar 88 cm dan tinggi 2 m. Sistem penyemprotan menggunakan mist meker dengan pengaturan pengeluarannya berupa embun. Alat ini juga dilengkapi sensor jarak dibagian depannya dengan tujuan untuk berfungsi secara otomatis.

       Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si. melakukan uji coba kepada alat sterilisator UKM KOMPOR UPI. Beliau mengatakan bahwa inovasi yang diberikan sangat bagus dalam mengatasi pencegahan covid-19. Diharapkan alat yang telah dibuat dapat diproduksi secara masal, namun saat ini beliau ingin penerapannya di kampus Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau memberikan saran untuk memindahkan tempat penampungannya di simpan pada bagian atas, dikarenakan agar space tidak terlalu besar. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa UKM KOMPOR UPI memperbaiki perubahan tersebut.
       Setelah melakukan banyak perubahan, pada akhirnya alat sterilisator UKM KOMPOR UPI ditempatkan di Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan.

       Berdasarkan hasil riset mengenai Alat Sterilisator dinilai berhasil, UKM KOMPOR UPI menerapkan kembali hasil risetnya di Alat Sterilization Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM). Pada hari minggu, 3 Mei 2020 Alat Sterilization dihibahkan melalui kegiatan program pengabdian pada masyarakat di RW 15 Kampung Andir Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof, Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd , Direktur Direktorat Kemahasiswaan Dr. Mupid Hidayat, M.A, Kepala Divisi Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan Dr. Sandey Tantra Paramitha, M.Pd , Aparat desa gudangkahuripan, ketua RW 15, Pengurus DKM Mesjid Al Ahqof dan Tokoh Masyarakat Setempat.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.
    ADDRESS

    Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Sekretariat KOMPOR UPI (Samping Lapang Softball) Bandung, Jawa Barat, Indonesia

    EMAIL

    kompor@upi.edu

    MOBILE

    +62 85861199826 (WA)
    +62 81573514842